Minggu, 10 Mei 2020

Soal Ujian Akhir Semester "Pengantar Bisnis"

Nama : Alya Jeane H.
Kelas : Manajemen A-1
Nim : 01219079

Soal dan Jawaban UAS
1. Sebutkan berbagai pihak yang ada pada lingkungan internal dan eksternal. Bagaimana peran mereka?
Pihak sektor formal harus dalam lingkungan eksternal karena sektor formal adalah para pekerja yang membutuhkan tingkat pendidikan memadai jadi tugas mereka adalah bekerja dengan baik dalam bisnis di lingkungan tersebut.
Pihak yang informal harus berada di internal karena berbeda dengan formal informal merupakan para pekerja yang bekerja di lingkungan usaha tidak resmi jadi tugas mereka harus memaksimalkan kebisniaan.

2. A.  Apa yg dimaksud etika bisnis?
Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.
B.  Apa yang dimaksud CSR dan contoh penerapannya?
CSR (Program Corporate Social Reponsibility) secara umum adalah bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan sekitar, sederhananya bahwa setiap bentuk perusahaan mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan lingkungan sekitarnya melalui program-program social, yang ditekankan.
Contohnya : Danone (Aqua Mineral Water)
Danone melakukan program CSR yang disebut Program WASH (Water, Acces, Sanitation, Hygiene Program) artinya yaitu Air, Akses, Sanitasi, Kebersihan. Yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan dan berkontribusi secara aktif dan berkelanjutan untuk menyediakan solusi terhadap masalah yang terkait dengan sistem air di Hindia Belanda. Program ini paling baik disebut “1 Liter Aqua untuk 10 Liter Air Bersih”

3. A.  Sebut dan jelaskan ciri – ciri bentuk usaha!
Badan Usaha Milik Negara (BUMN), BUMN adalah semua perusahaan dalam bentuk apapun & bergerak dibidang apapun baik sebagian maupun secara keseluruhan modalnya merupakan kekayaan negara.
Ciri-ciri : Memiliki tujuan utama untuk melayani kepentingan umum sekaligus mencari keuntungan/laba, Berstatus badan hukum & diatur berdasarkan undang-undang, BUMN umumnya bergerak dibidang jasa jasa vital, Dapat dituntut dan menuntut, sesuai dengan ayat dan pasal dalam hukum perdata, Secara financial harus dapat berdiri sendiri dll.
Badan Usaha Milik Swasta, Merupakan merupakan badan usaha dimana kepemilikan sahamnya sepenuhnya dimiliki individu atau swasta.
Ciri-ciri : BU sepenuhnya dikelola dan modalnya berasal dari pihak swasata, Pengawasan dilakukan secara hirarki maupun fungsional yang dilakukan oleh pemegang perusahaan, BU Fokus utama adalah mencari keuntungan semaksimal mungkin, Pembagian modal berdasarkan atas kempilikan saham perusahaan, BU Memiliki badan hukum, dll.
Badan Usaha Campuran, Merupakan badan usaha dimana kepemilikan modalnya berasal dari campuran negara (pemerintah) dengan swasta sehingga kepemilikannya dimiliki oleh pihak pemerintah dan swasta.Ciri-ciri : kepemilikan modalnya berasal dari campuran negara dan swasta.
B. Gambarkan satu jenis organisasi


4. Jelaskan penerapan kemampuan
Conceptual Skills
Keterampilan Konseptual adalah kemampuan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi sebagai suatu entitas yang lengkap. Keterampilan ini meliputi pemahaman tentang hubungan antar institusi, industri dan masyarakat serta pemahaman tentang pengaruh faktor-faktor politik, sosial dan kondisi ekonomi suatu negara terhadap bisnis perusahaannya. Dengan pemahaman-pemahaman tersebut, seorang manajer tingkat tinggi atau Top Management dapat memahami kondisi bisnis secara keseluruhan dan mengambil tindakan yang tepat untuk kesuksesan organisasinya.
Humanity Skills
Humanity Skill ini adalah kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya. Keterampilan ini akan memungkinkan para manajer untuk menjadi pemimpin dan memotivasi karyawannya untuk mendapatkan prestasi kerja yang lebih baik. Selain itu, para Manajer juga harus dapat memanfaatkan potensi karyawannya secara efektif di perusahaan.
Technical Skills
Keterampilan Teknis ini adalah Kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan teknik tertentu dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya seperti kemampuan dan pengetahuan untuk merancang produk, memperbaiki mesin, mengoperasikan mesin, merakit komputer, membuat program komputer, menyiapkan pembukuan dan laporan keuangan, menjual produk, menciptakan lagu, memasak makanan dan lain sebagainya.

5. A. Perseroan Komanditer (CV)
B. Perusahaan Perseorangan
C. Prseroan Terbatas (PT)
D. Perseroan Terbatas (PT)

6. Pengamatan!.
Saya mengamati seorang pedagang kecil yang menjual pakaian di salah satu pasar tradisional Surabaya, yang awalnya hanya sebagai karyawati penjaga toko pakaian dan sekarang sudah memiliki toko sendiri di pasar tradisional tersebut dan bahkan sudah memberikan lapangan kerja bagi beberapa karyawati tokonya.
Kelemahan dari usaha yang ia tekuni adalah ia akan mengalami kerugian yang cukup besar jika baju yang ia jual tidak laku dipasaran lagi karna trend atau musim pakaian tersebut sudah habis atau  sudah berganti model.
Kekuatan penjual pakaian adalah memilliki strategi tersendiri agar tidak tersaingi oleh pedagang lainnya, karena itu,kekuatan penjual pakaian akan terus berfikir karena perdagangan semakin ketat, maka dari itu mereka selalu mengeluarkan ide-ide agar bisa mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.
Peluang penjual pakaian adalah saat-saat waktu tertentu saja penjual pakaian menaikan harga pakaiannya lebih mahal dari pada hari-hari biasanya dan penjual pakaian akan menaikan harganya pada saat bulan ramadhan atau empat hari menjelang lebaran.peluang itulah yang di harapkan para pedagang pakaian.


#bangganarotama
#missmanagement
#narotamajaya
#thinksmart
#universitasnarotama
#elinanarotama
#kuliahdarirumah
#ujiandarirumah
#generasiemas
#pebisnismudanarotama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN AKHIR SEMESTER

  Nama    : Alya Jeane Hendriatanti Kelas    : Manajemen A Nim      : 01219079 Dosen   : Hj. I.G.A Aju Nitya Dharmani S.ST,. SE.,M.M...